Nama Pengguna
Kata Sandi

Internal Control over External Financial Reporting, A Compendium of Approaches and Examples- COSO

By Admin, Posted in Tidak-Ada-Kategori, 29 October 2013

Oleh: Soekardi Hoesodo



Tidak terasa saat Internal Control Framework versi COSO (Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission) yang diintrodusir pada tahun 1992, saat ini sudah berumur 20 tahun . Selama  kurun  waktu 20 tahun dunia sudah menjadi  sangat berubah, perubahan tadi telah memaksa pola bisnis baik di sektor privat maupun publik juga harus ditata dengan lebih cermat. Pada tahun 1992 sangat mustahil suatu diskusi bisa dilaksanakan tanpa hadir pada waktu dan tempat yang yang tepat, kekuatan ekonomi masih berpusat di Barat, Teknologi Informasi  belum merakyat, Auditor Internal belum mendapat tempat, pekerjaan Internal Auditor hanya mencari cari mana yang tidak tepat, bahkan profesi Auditor Internal adalah profesi yang tidak terhormat.
Di sponsori oleh beberapa lembaga-lembaga profesional independen (AICPA, AAA, IIA , IMA, dan FEI) pada tahun 1992 berhasil merumuskan konsepsi “baru”  cara memandang Internal Control yang sudah kita pahami semua, Internal control didefinisikan: Internal control is a process effected by an entity's board of director management and other personnel,   designed to provide reasonable  assurance   regarding the achievement of objectives in the following categories : Effectiveness and efficiency of operations, Reliability of financial  reporting , Compliance with applicable laws and regulations.
 
Kita sudah memahami semua Internal Control adalah building block  atau suatu bangunan  yang terdiri dari  lima komponen , dimulai yang paling bawah: Control Environment , kemudian Risk Assessment, diikuti Control Activities, selanjutnya Monitoring dan Communication& Information .
Framework COSO ini ternyata  sangat diterima oleh banyak kalangan, namun  beberapa  pihak  masih merasa kesulitan untuk  mendesign , mengimplementasikan  atau mengaplikasikan  framework ini.
Kerangka dan Pedoman yang diterbitkan secara kronologis adalah:
1992: ‘Internal Control Integrated Framework’ (COSO ICIF)
2004: ‘COSO Enterprise Risk Management’ (COSO ERM). Kerangka ini mengembangkan komponen risk assessment menjadi komponen-komponen enterprise risk management.
2006: ‘Internal Control Over Financial Reporting: Guidance for Smaller Public Companies’. Publikasi ini memberikan pedoman dalam mendisain, menerapkan dan mengevaluasi COSO framework (ICIF) untuk tujuan reporting, khususnya tujuan reliability of financial reporting.
2009: ‘Guidance on Monitoring Internal Control Systems’. Pedoman ini ditujukan untuk membantu organisasi dalam mendisain, menerapkan dan mengevaluasi prosedur monitoring. Dengan adanya pedoman ini, para pemakai diharapkan dapat membangun komponen ‘monitoring’ dalam internal controlnya agar dapat memperkuat komponen-komponen lainnya.
Khusus hal yang berkaitan dengan  salah satu tujuan  daripada Internal Control yaitu  “reliability of financial reporting “, COSO  pada bulan Oktober 2012 telah menerbitkan  Discussion  Draft  dengan judul: “Internal Control over External Financial Reporting:   A Compendium of Approaches and Examples”
Setahun sebelumnya, Desember  2011, COSO juga sudah menerbitkan Discussion Draft atas Revisi terhadap COSO Internal Control Integrated Framework. Pada saat itu, orang menyebutnya draft COSO III.
 
Pada bulan Mei 2013, COSO secara resmi meluncurkan penerbitan kedua dokumen tersebut (menjadi final) yakni:
  1. Updated Internal Control Integrated Framework (The Framework),
  2. Illustrative Tools for Assessing Effectiveness of a System of Internal Control (Illustrative Tools) yang memberikan templates dan scenarios yang bermanfaat dalam menerapkan the Framework, dan
  3. Internal Control over External Financial Reporting: A Compendium of Approaches and Examples (ICEFR Compendium) yang menyajikan pendekatan praktis dan contoh-contoh yang menggambarkan bagaimana komponen-komponen dan prinsip-prinsip yang ada dalam Framework dapat diterapkan dalam menyusun external financial statements
The Framework merupakan revisi atas original COSO ICIF (1992). Setelah terbit, julukan atas kerangka ini bukan lagi COSO III, tapi COSO 2013.
ICEFR Compendium merupakan revisi atas pedoman ICoFR (COSO 2006).
Pada saat ini kita semua masih diberikan kelonggaran waktu untuk melakukan penyesuaian. Masa transisi ini akan berakhir pada tanggal 15 Desember 2014. Setelah tanggal 15 Desember 2014, COSO ICIF (1992) maupun ICoFR (2006) dianggap sudah tidak ada lagi dan masing-masing diganti dengan The Framework  dan ICEFR Compendium.
 
Terlampir eksposure draft ICEFR Compendium dalam format PDF yang bisa dijadikan bahan referensi.
ICEFR Compendium yang final dapat dibeli di Bookstore IIA Inc Orlando dengan harga $ 110 ($ 88 untuk member). The Framework final dapat dibeli dengan harga $ 175 ($ 140 untuk member). Dalam the Framework sudah termasuk Illustrative Tools. Jika dibeli secara bundle (the framework dan ICEFR Compendium), harganya $ 270 ($ 216 untuk member).
Tulisan ini juga melampirkan Executive Summarydari the Framework.
Selamat  melakukan telaahan ….. hanya 107 halaman saja .
 
Wass
Kembali ke Kategori sebelumnya

Dewan Sertifikas Qualified Internal Auditor © 2013 - Redesign by student@kwu.com