Nama Pengguna
Kata Sandi

Tentang DS-QIA

By Admin, Posted in Tidak-Ada-Kategori, 13 March 2013

 

Dewan Sertifikasi Qualified Internal Auditor (DS-QIA) adalah sebuah lembaga sertifikasi profesi yang independen dengan tugas pokok mengelola pemberian Sertifikasi Qualified Internal Auditor, dan menentukan Standar, Kode Etik Profesi, serta menyelenggarakan Ujian Sertifikasi QIA.

Proses pendirian DS-QIA tidak terlepas dari sejarah berdirinya Yayasan Pendidikan Internal Auditor (YPIA). YPIA didirikan di Jakarta pada tanggal 17 April 1995. Latar belakang didirikan YPIA adalah adanya desakan kebutuhan. Kebutuhan tersebut adalah keinginan meningkatkan kompetensi dan profesionalisme internal auditor di Indonesia, serta belum adanya lembaga pelatihan profesi internal audit dengan standar internasional yang memadai dan berkesinambungan.

Pendiri YPIA adalah Pengurus Forum Komunikasi Satuan Pengawasan Intern (FKSPI) BUMN/D periode 1992 – 1995, yaitu Hiro Tugiman (Ketua Umum), Soedar Kendarto (Sekretaris Umum), FX Sriharto (Ketua IV), dan Darwis A. Rahman (Bendahara), yang didukung oleh Soedarjono (Kepala BPKP), Martiono Hadianto (Dirjen Pembinaan BUMN Dept. Keuangan RI, dan Direksi 5 (lima) BUMN yaitu Setyanto P. Santosa (Direktur Utama PT Telkom), Ridwan Fatarudin (Direktur Utama PT MNA), Sjaiful Amir (Direktur Keuangan PT Pusri), Ida Bagus Putu Sarga (Direktur Utama PT Jasa Raharja), dan Ahmad Soebianto (Deputi Ketua BPIS)

Kelahiran DS-QIA didahului dengan pembicaraan pada waktu Rapat Kerja FKSPI BUMN/BUMD Wilayah Jawa Timur di Malang tanggal 30 Maret 1996 antara eksponen (pengurus) FKSPI BUMN/BUMD yang berada dalam kepengurusan YPIA dan pengurus yang lain serta pejabat BPKP, yaitu tercetusnya ide untuk memperkokoh hasil pelatihan dari YPIA berupa pemberian sertifikat profesi.

Gagasan ini selanjutnya dimatangkan dengan pertemuan di Bandung tanggal 13 April 1996 yang dihadiri oleh unsur BPKP (Drs. Chatim Baidaie, Ak., Deputi Pengawasan BUMN/BUMD dan Drs. Soekardi Hoesodo, MSoc.Sc., Kepala Pusdiklat Pengawasan BPKP), Unsur FKSPI BUMN/BUMD (Drs. Hiro Tugiman, Ak., Ketua Umum dan Drs. Fatkhal Muin Ishaq, MM., Ketua III) dan unsur YPIA (Soedar Kendarto - Ketua, Moh. Hassan, Ak., MAFIS - Sekretaris, Drs. Ridwan Fatarudin – Kepala PPAI dan Drs. Poedjiono, MBA. – Kepala Divisi Diklat PPAI). Pada pertemuan tersebut dideklarasikan apa yang kemudian disebut “Deklarasi Bandung“  tanggal 13 April 1996.

  1. Mengusulkan terbentuknya Ikatan Internal Auditor Indonesia (IIAI), atau sekarang menjadi Perhimpunan Auditor Internal Indonesia (PAII)
  2. Melaksanakan program sertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA)
  3. Mengusulkan terbentuknya Dewan Sertifikasi QIA

Maka dengan Surat Keputusan FKSPI No. KEP/15/FKSPI/VIII/1996 dibentuklah DS-QIA di Jakarta pada tanggal 21 Agustus 2006 dengan susunan keanggotaan DS-QIA periode 1996 – 2001 adalah:  

  1. Ketua (merangkap anggota) -  Drs. Hiro Tugiman, Ak.
  2. Wakil Ketua (merangkap anggota) -  Drs. M. Chatim Baidaie, Ak. 
  3. Sekretaris (merangkap anggota) -  Drs. Soekardi Hoesodi, MSoc.Sc
  4. Wakil Sekretaris (merangkap anggota)-  Drs. Poedjiono, MBA
  5. Anggota -  Drs. Fatkhal Mu’in Ishaq, MM
  6. Anggota -  Soedar Kendarto
  7. Anggota -  Mohamad Hassan, Ak, MAFIS
  8. Anggota -  Drs. Ridwan Fatarudin, Ak.

 

Keanggotaan DS-QIA saat ini terdiri dari unsur-unsur : 

  1. Forum Komunikasi Satuan Pengawasan Intern (FKSPI)
  2. Pemerintah/Sektor Publik
  3. Institute of Internal Auditors (IIA) Indonesia
  4. Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA)
  5. Perhimpunan Auditor Internal Indonesia (PAII)
  6. Akademisi/Perguruan Tinggi
  7. Praktisi Audit Internal 
  8. Klien Internal Audit (Anggota BoD)
  9. Komunitas/masyarakat

Dewan Sertifikas Qualified Internal Auditor © 2013 - Redesign by student@kwu.com